oleh

Idrus Diberhentikan dengan Hormat, Agus Resmi Jabat Mensos

RADARLUWURAYA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai menteri sosial (Mensos) pengganti Idrus Marham. Politikus Golkar itu resmi menjadi Mensos setelah mengucapkan sumpah di Istana Negara, Jumat (24/8).

Sebelum pelantikan dimulai, pembawa acara membacakan keputusan presiden (keppres) tentang pemberhentian dan pengangkatan Mensos untuk Kabinet Kerja sisa jabatan 2014-2019. Ada tiga poin dalam keppres itu.

Pertama adalah memberhentikan dengan hormat Idrus Marham dari jabatan Mensos. “Disertai ucapan terima kasih atas jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tesebut,” ujar pembaca keppres.

Kedua, Presiden Jokowi mengangkat Agus Gumiwang sebagai Mensos. Ketiga, keputusan itu mulai berlaku sejak pelantikan.

Selanjutnya, Jokowi memandu Agus mengucapkan sumpah jabatan. Putra menteri pertambangan dan energi (Mentamben) era Orde Baru itu lantas mengucapkan sumpah di bawah Alquran.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Agus menirukan ucapan Jokowi.

Selepas pengucapan sumpah dan pelantikan, Agus menerima ucapan selamat dari Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para menteri Kabinet Kerja.

Agus saat meerima ucapan selamat tampak didampingi Ginandjar. Lagu Padamu Negeri karya Kusbini mengiringi prosesi pemberian ucapan selamat.(jpnn/radarluwuraya.com)

Komentar