oleh

Imigrasi Palopo Klaim Penerbitan Paspor 2018 Meningkat

RADARLUWURAYA.com – Kantor Imigrasi Kelas III Palopo merilis permohonan pembuatan paspor membludak di Tahun 2018. Pasalnya, sejak Januari hingga Desember 2018, tercatat sebanyak 17.518 paspor telah diterbitkan.

“Tahun 2018 ini, kami melayani pembuatan paspor sebanyak 17.518 paspor, sedangkan tahun 2017 lalu, kami melayani pembuatan sebanyak 15.924 paspor,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Palopo, R Haryo Sakti dalam keteramgan persnya, Kamis (20/12).

Disebutkannya, bila sumbangsih Kantor Imigrasi Kelas III Palopo dengan peningkatan itu, secara otomatis juga besar, mencapai Rp6 milyar lebih, dan bahkan hampir mencapai Rp7 milyar.

Selain melayani paspor, Imigrasi Palopo juga melayani ijin tinggal orang asing. “2018 ini, kami sudah memproses sebanyak 238 permohonan,” sebut Haryo.

Ijin tinggal yang dimaksud, lanjutnya, adalah ijin tinggal kunjungan sebanyak 170 permohonan, ijin tinggal terbatas sebanyak 65 permohonan dan ijin tinggal tetap ada tiga permohonan.

“Sumbangan kami ke negara sebanyak Rp174 juta lebih,” ujarnya.

Namun, tidak semua permohonan paspor diterima, menurut Haryo, ada 39 permohonan yang ditolak.

“Ada indikasi yang bersangkutan akan bekerja sebagai TKI non prosedural,” terangnya.

“Untuk permohonan paspor, itu didominasi umroh dan naik haji. Kalau negara, kebanyakan tujuan ke Malaysia, itu karena ada hubungan keluarga,” ungkapnya(*)

Komentar