oleh

Indah: ANC Hipnoterapi Dapat Mengurangi Resiko Kematian Ibu dan Anak

RADARLUWURAYA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani berharap agar program Antenatal Care (ANC) Hipnoterapi dijadikan sebagai sebuah gerakan yang betul-betul mampu menyelamatkan ibu dan bayi dari kasus kematian. Penegasan ini ia sampaikan saat membuka acara Monitoring dan Evaluasi (Monev) ANC Hipnoterapi, di Aula Kantor Bappeda Luwu Utara, Senin (15/10).

Guna memperkuat hal itu, ia mendorong seluruh pihak, utamanya Camat, PKK, dan BKMT untuk aktif mengambil bagian dalam program ANC Hipnoterapi.

“Program ini sangat baik. Olehnya itu, semua pihak harus merasakan manfaatnya. Caranya adalah jadikan ini sebagai sebuah gerakan yang masif dalam menyelamatkan ibu, bayi dan masa depannya,” kata Indah.

Menurutnya, ANC Hipnoterapi menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mempromosikan kesehatan yang pro orang sehat.

“Sehebat apapun sebuah program, sebagus apapun sebuah program, kalau hanya bergerak di tempat saja, maka tidak akan memberikan manfaaat yang luas,” kata Indah.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, Anjas Rusli mengungkapkan angka kematian ibu dan bayi terus mengalami penurunan.

“Angka kematian ibu pada 2016 ada 11 kasus menurun jadi 5 kasus di 2017 dan 2018. Angka kematian bayi di 2017 ada 73 kasus menurun jadi 22 kasus di 2018 sampai Oktober 2018 ini,” ungkap Anjas.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara telah memulai ujicoba program Antenatal Care (ANC) berbasis Hipnoterapi sejak Mei 2017 lalu. Bahkan, Pemkab Luwu Utara mengklaim sebagai daerah pertama yang melaksanakan program ini, baik di Sulawesi Selatan, bahkan di Indonesia.

ANC Hipnoterapi adalah terapi bagi ibu hamil yang hiperemesis dengan semua keluhan kehamilan dan ibu bersalin dengan tenang dan mengurangi rasa sakit. Bahkan, ANC Hipnoterapi bahkan masuk nominasi dalam kompetisi Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIC) tahun 2018.

Komentar