oleh

Jorok, Pesisir Pantai Kota Palopo Banyak Sampah

RADARLUWURAYA.com – Pemandangan di sekitar pesisir pantai di Kota Palopo terlihat jorok. Banyak sampah berserakan, khususnya di dalam laut. Itu sangat jelas terlihat ketika air laut surut.

Makanya itu, dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, Kodim 1403/Sawerigading bekerjasama dengan Pemkot, Polres Palopo, Basarnas dan masyarakat melakukan bersih-bersih di pesisir pantai, Kamis (21/2) pagi.

Dandim 1403/Sawerigading, Letkol Inf M Imasfy, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di wilayah Kodim 1403/Sawerigading yang meliputi Kota Palopo, Kabupaten Luwu Timur, Luwu dan Luwu Utara.

“Dengan kegiatan ini, kita harapkan bisa jadi contoh pemicu masyarakat peduli lingkungan dan tidak buang sampah sembarangan,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid PPLH Dinas Lingkungan Hidup Palopo, Aris menegaskan bahwa sudah ada Perda tentang Pengelolaan Sampah Nomor 1 tahun 2014.

“Sudah ada Perdanya, tinggal Satpol PP memberikan sanksi sesuai Perda kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan, khususnya di pesisir pantai,” ucap Aris.

Sebab, kata dia, akibat dibuangnya sampah di dalam laut, membuat biota di dalam laut rusak bahkan mati.

“Ekosistem ikan, udang dan lainnya terancam berkurang akibat sampah,” tegasnya.

Untuk Pemkot Palopo, lanjut dia, peringatan HPSN ini akan diadakan tanggal 26 February mendatang. Sebab, saat ini, kata dia, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir bersama Kadis Lingkungan Hidup tengah mengikuti rakernas Indonesia Bersih tentang pengelolaan sampah di Jakarta. (Niki)

Komentar