oleh

Komposisi Kabinet Pemerintahan, Megawati Sepenuhnya Serahkan ke Jokowi

RADARLUWURAYA.com — Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Joko Widodo-Maruf Amin saat ini tengah disibukkan dengan penggodokan kabinet pembantu pemerintahan 2019-2024.

Beberapa partai politik pendukung bahkan sudah mulai terang-terangan memberi sinyal keinginan mendapatkan kursi menteri, seperti halnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menyodorkan 10 kandidat menteri pilihan.

Berbeda dengan yang lain, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri belum tampak ke permukaan terkait dengan bursa kabinet Jokowi-Maruf.

Bagi Mega, hal itu merupakan kewenangan presiden terpilih.

“Sama sekali saya menyerahkannya ke Presiden,” tutur Megawati melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (10/7).

Soal pemilihan menteri, Megawati mengimbau untuk menanyakan langsung kepada presiden terpilih. Sebab, kata dia, tugas partai politik hanya sebatas mencari pasangan capres-cawapres untuk dipilih rakyat. Partai politik hanya bisa menyarankan dan mengusulkan calon pembantu Presiden di Kementerian.

“Tetapi tidak ada sebuah bentuk perhitungan yang proporsional bahwa seharusnya begini begitu,” lanjut Mega.

Menyangkut apakah koalisi di pemerintahan Jokowi-Maruf Amin akan berubah, Megawati yang tengah berada di Beijing ini kembali menegaskan soal itu bisa ditanyakan ke Jokowi meskipun dirinya akan memberi masukan.

“Kalau untuk urusan itu, saya nanti akan ngomong, tapi tidak di sini,” tutup Megawati. (Rmol/RadarLuwuwuRaya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *