oleh

Panselnas CPNS Diminta Siapkan Lokasi Tes Mandiri

RADARLUWURAYA – Awal Desember tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dimulai. Berbagai bentuk persiapan telah dilakukan. Termasuk meminta panitia seleksi nasional (Panselnas) menyediakan lokasi tes mandiri yang berada di luar ibukota provinsi.

Pelaksanaan Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah selesai. Hasilnya banyak peserta yang tidak lulus karena tidak mencukupi ambang bataspassing grade. Meski demikian, peserta tak perlu khawatir. Sebab pemerintah telah mengeluarkan kebijakan baru bagi peserta yang gagal lolos SKD untuk bisa mengisi kekosongan jabatan.

BACA JUGA : BKN Tegaskan, Hanya Peserta CPNS yang Ikut Seleksi SKB

Saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah menyusun rencana pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Rencananya, SKB akan digelar awal Desember 2018. Dalam pelaksanaan SKB tersebut, Panitia Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Daerah diwajibkan menggunakan metode (Computer AssistedTest) CAT BKN.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menyampaikan rencana titik lokasi yang akan digunakan di antaranya station CAT pada Kantor BKN Pusat. Dan seluruh station CAT yang berada pada Kantor Regional dan Unit Pelaksana Teknis BKN di daerah karena dianggap sudah siap secara matang.

Bima Haria juga meminta kepada Tim Panselnas untuk menjajaki kemungkinan hadirnya titik lokasi tes di luar ibukota provinsi. Pertimbangan tersebut menurut Kepala BKN untuk mempermudah peserta SKB dalam mengikuti seleksi.

BACA JUGA : CPNS Minim Lolos Seleksi, Kemenpan-RB Tunggu Kajian Panselnas

Titik lokasi SKB mandiri, juga harus segera dipersiapkan, kata Bima Haria saat memimpin langsung Rapat Rekonsiliasi Data Hasil SKD CPNS 2018, Sabtu (24/11) di Swiss-Belhotel Jakarta.

Ia menegaskan Pansel Instansi seluruh daerah wajib menggunakan CAT dalam proses SKB. Kesiapan SKB meliputi SDM dan infrastruktur CAT. Sehingga, seluruh SDM baik Panselnas maupun Pansel Instansi untuk segera menyiapkan diri. Untuk itu, proses rekonsiliasi data antara Panselnas dan Pansel Instansi harus segera dirampungkan.

Saya harapkan rampung dalam 3 atau 4 hari ke depan, setelahnya segera umumkan hasil SKD dan proses SKB segera dilaksanakan. Kita harus siapkan dengan matang, ujar Bima Haria.

BACA JUGA : Minta Asrama, Mahasiswa Demo di DPRD Lutim

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) BKN, Heri Susilowati meyakini bahwa proses rekonsiliasi data hasil SKD CPNS 2018 akan rampung maksimal pada pekan depan. Rapat tersebut menurutnya dilakukan sebagai langkah sosialisasi awal kepada Pansel Instansi sebelum hasil SKD diumumkan.

Pihaknya menegaskan bahwa hingga berita ini diturunkan, rekonsiliasi hasil SKD dari sebanyak 36 K/L dan 381 Instansi Daerah sudah rampung. (fin)

Komentar