oleh

Pemkab Lutim Bentuk Tim Koordinasi Pengawas Obat dan Makanan 2021

MALILI, RADARLUWURAYA.com — Guna memberikan perlindungan kepada masyarakat dari penyalahgunaan obat dan bahan makanan berbahaya dalam obat dan makanan, maka Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Kesehatan sebagai leading sektor, menggelar pertemuan untuk membentuk Tim Koordinasi Pengawas Obat dan Makanan (POM), pada Jumat (24/07/2020) bertempat di ruang rapat Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur.

Pertemuan yang dipimpin langsung kepala Dinas Kesehatan Kab. Luwu Timur, Rosmini Pandin, juga dihadiri oleh Kepala Loka BPOM Palopo, Nurtati Rahman, serta perwakilan OPD terkait, diantaranya Disperindagkop UKM, Dinas Pertanian, Dinas Kominfo, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bapelitbangda, Satpol PP, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu satu Pintu.

Inti dari pertemuan ini adalah untuk menyempurnakan draft mengenai tugas tim koordinasi POM sehingga dalam kegiatan pengawasan obat dan makanan yang dilakukan nantinya di lapangan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

“Kita berharap agar dengan pembentukan Tim koordinasi ini, pengawasan terhadap obat dan makanan yang berpotensi membahayakan masyarakat akan berjalan secara efektif, karena nantinya tim ini akan berjalan secara terpadu sesuai SOP yang ditetapkan,” jelas Kadis Kesehatan, Rosmini Pandin.

Senada dengan hal itu, kepala Loka BPOM Palopo, Nurtati Rahman mengatakan bahwa, pembentukan Tim Koordinasi POM ini merupakan tindaklanjut dari Permendagri Nomor 41 Tahun 2018 tentang Peningkatan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di daerah.

“Ini sangat penting mengingat peredaran obat dan makanan di masyarakat luas saat ini sangat tidak terkendali, terutama yang dijual secara online, sehingga harus ada pengawasan yang dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Nurtati.

Timm Koordinasi POM ini nantinya akan bertugas melakukan langkah-langkah dalam merumuskan berbagai kebijakan, merencanakan, mengkoordinasikan, mengidentifikasi, mengendalikan, monitoring dan mengevaluasi, mensosialisasikan, melaporkan, mengkaji, memberikan rekomendasi terkait pengawasan obat dan makanan di Kabupaten Luwu Timur.

Adapun susunan keanggotaan Tim Koordinasi Pengawasan Obat dan Makanan Kabupaten Luwu Timur adalah :

  1. Pengarah : Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur,
  2. Ketua: sekretaris Daerah,
  3. Wakil Ketua : Asisten Bidang Ekbang, Kadis Kesehatan, Kepala Loka BPOM Palopo.
  4. Sekretaris : Kepala Bagian Ekbang,
  5. Anggota masing-masing : Kadis Perdagangan Koperasi dan UKM, Kadis Pertanian, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kepala Bapelitbangda, Kepala Dinas Penanam Modal dan PTSP, Kadis Kominfo dan Kasat Pol PP. (ikp/kominfo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *