oleh

Peringati Hari Ibu, Kohati HMI Cabang Palopo Gelar Talkshow

RADARLUWURAYA.com – Dalam rangka memperingati hari ibu Kohati HMI Cabang Palopo menggelar kegiatan yang berisi beberapa acara yaitu Talkshow ,Nonton bareng, Bazar Makanan dan minuman dengan tema “Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak” di Lantai 4 Mega Plaza, Sabtu (22/12).

Dalam kegiatan ini sesi talkshow menghadirkan empat pembicara yang masing-masing mewakili setiap bidang diantaranya dari kepolisian di wakili Kanit PPA, Ketua LPPA Palopo Andi Fatmawatuli, S.H., M.H, Rektor IAIN Palopo Dr.Abdul Pirol, M.Ag, dan Dinas pendidikan kota Palopo. Peserta yang hadir berjumlah lebih 100 orang diantaranya ibu Bayangkari, kalangan Mahasiswa, Siswa SMP dan SMA.

Setiap pembicara menyampaikan bahasan sesuai bidangnya. Kanit PPA menyatakan ” Kasus KDRT selama 2018 menurun tetapi sangat di sayangkan peningkatan terjadi pada kasus eksploitasi anak, 1 kasus pemerkosaan dan 5 kasus pada tindakan pencabulan ”

Ketua Lembaga Perlindungan perempuan dan Anak Andi Fatmawati menyampaikan, beragam penyebab KDRT terjadi. Hal ini menurutnya menjadi persoalan baru dilingkungan rumah tangga saat ini.

“Penyebab kekerasan pada perempuan dan anak yaitu penyalah gunaan media sosial, pernikahan usia dini, kepribadian, dan penampilan,” bebernya.

Sedangkan dari Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol M Ag sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dirinya menyebutkan pentingnya peran kaum laki-laki di dalam rumah tangga. Sebab menurut dia, peran laki-laki merupakan penentu keharmonisan dalam rumah tangga.

“Karena dalam islam kita sebagai laki-laki sangat di tekankan untuk melindungi dan mengayomi keluarga khususnya perempuan dan anak,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Drs H Asir Mangopo MM mengatakan, perlu ada upaya yang dapat dilakukan untuk menekan terjadinya kekerasan pada anak yaitu dengan melakukan pendekatan karakter dengan ciri khas pendidikan islami.

“Selain itu kementrian membuat satu program kerja bernama pendidikan parenting melibatkan sekolah, orang tua, dan siswa program ini telah diterapkan di SMP 3 Kota Palopo,” katanya. (Ana)

Komentar