oleh

Peringati Nuzul Qur’an, Bupati Husler Singgung Pentingnya Membaca

RADARLUWURAYA.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur menggelar peringatan Nuzul Quran bertepan dengan malam ke-17 Ramadan 1440 Hijriah/2019 Masehi di Masjid Agung Malili, Selasa (21/05) Malam.

Hadir dalam acara ini Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler, Asisten Pemerintahan Prov Sulsel Ir. Salim Abd. Rahman, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bahri Syam, Ketua DPRD Luwu Timur, Amran Syam, Pabung, Suparman, Ketua Pengadilan Agama Luwu Timur, Mahyuddin, Sekertaris Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Sulawesi Selatan, Abd Rauf, Sekertaris Daerah, Bahri Suli, Kepala OPD dan Camat Malili.

Adapun tema peringatan Nuzulul Quran ini adalah “Dengan Hikmah Nuzul Qur’an Kita Tingkatkan Minat Baca dan Pengamalan Al-Qur’an guna menetapkan Keimanan dan Ketakwaan Dalam Mewujudkan Generasi Qur’ani”.

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler dalam sambutannya, mengajak seluruh warganya untuk senantiasa membaca dan memahami isi kandungan Al Quran.

“Kutipan Tafsir dari Hadis Rasulullah megatakan jika umat ku ingin menguasai dunia harus dengan membaca, jika ada umat ku ingin menguasai Akhirat dengan membaca, dan bagi umat ku yang ingin menguasai dunia dan akhirat juga dengan membaca. Karena membaca adalah sumber pengetahuan,” jelas Husler.

Lebih jauh orang nomor satu di Luwu Timur ini menghimbau, agar selama bulan Ramadan  masyarakat lebih giat membaca Al-Quran dan mengamalkannya.

Karena menurutnya, Al-Quran adalah pedoman hidup bagi manusia dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk Al Quran memberikan tuntunan kepada manusia dalam berhubungan dengan sesamanya juga memberikan dasar tentang ilmu pengetahuan, ilmu kesehatan, politik dan yang lain-lain

“Olehnya itu, pada malam 17 Ramadhan ini, dimana Alqur ‘an diturunkan, tentunya kita semua meyakini Alqur’an adalah petunjuk hidup, petunjuk bagi orang yang beriman,” imbuh Husler.

Husler berharap agar peringatan Nuzul Quran kali ini akan menjadi motivasi bagi semua ummat Islam untuk meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT.

Adapun Hikmah Nuzul Quraan dibawakan langsung oleh Sekertaris Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Sulawesi Selatan, Abd Rauf.

Dalam kesempatan ini Abd Rauf menjelaskan, Al-Qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi umat manusia, dimana inspirasinya yang tidak pernah kering.

“Mengalirkan nilai-nilai ajaran Islam yang luhur, menebarkan keteduhan, memberi ketenteraman dan menciptakan kedamaian,” jelasya. (Hms)

Komentar