oleh

Rekomendasi Calon Rektor IAIN Palopo ke Kemenag Ditentukan Senat

RADARLUWURAYA.com – Tahapan Verifikasi validasi Penjaringan Rektor institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo telah berlangsung semenjak tanggal 23 sampai 27 November 2018.

Dalam proses kompetisi sebagai rektor IAIN Palopo peride 2019-2023, Balon Rektor ditentukan oleh keputusan Rapat Senat. Selanjutnya, keputusan rapat senat dikirim ke kementerian Agama untuk menentukan Rektor IAIN Palopo.

Sekretarias Penjaringan Rektor IAIN, Dr. Nasruddin mengaku, pihak panitia hanya melalukan penjariangan untuk menentukan Balon rektor IAIN Palopo. Kemudian kata dia, penentuan calon rektor IAIN Palopo ditentukan oleh Senat yang selanjutnya direkomendasikan ke Kementerian Agama (Kmenag) RI.

“Tugas kami hanya menjaring Balon yang memenuhi persyaratan berdasarkan PMA no 68 thn 2015 dan KepDirjen no 7293 thn 2015,” ungkapnya, Selasa (27/11/18).

“Besok kami serahkan berkas bacalon ke rektor, Berdasarkan hasil Verifikasi/Validasi dari 8 yang memasukkan berkas masih ada balon yang belum memenuhi persyaratan. besok saya akan umumkan siapa saja diantara 8 orang yang lolos dan tidak lolos persyaratan,” jelas Nasruddin.

Sementara itu Rektor IAIN, Dr Abdul Pirol M Ag menyebutkan
Ada sebanyak 12 anggota senat. Mereka ini kata dia, tidak memilih akan tetapi memberi pertimbangan kualitatif terhadap calon.

“Semua pendaftar yang memenuhi syarat dibahas di senat selanjutnya dikirim ke Kmenag RI. Saya berharap berlangsung dengan baik, apapun hasilnya itulah yang terbaik,” jelas Pirol.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Pasca Serjana IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji M Ag. Dirinya menilai, panitia penjaringan Balon Rektor IAIN Palopo telah berkerja sesuai rambu-rambu yang sudah ditetapkan sesuai dalam aturan yang tertera pada PMA 68 Tahun 2015.

“Misal nantinya ada di antara bakal calon dosen yang tidak lolos penjaringan, tentu saja panitia penjaringan melakukannya berdasarkan regulasi yang ada,” imbuh Abbas Langaji.

Selain itu Direktur Pasca Serjana IAIN Palopo ini juga mengimbau kepada seluruh pihak yang memiliki kepentingan dalam tahap pentapan Balon Rektor IAIN Palopo untuk tenang menanti hasil keputusan.

“Setiap orang harus menghargai kerja profesional panitia,” tandasnya. (jhon)

Komentar