oleh

RSUD Lambat Ajukan Klaim Jadi Alasan BPJS Kesehatan Palopo Telat Bayar Premi

 

RADARLUWURAYA.com – BPJS Kesehatan Palopo telat melakukan pembayaran premi ke RSUD Sawerigading.

Keterlambatan itu, tidak ditampik oleh pihak BPJS Kesehatan sendiri. Malah, BPJS mengklaim keterlambatan itu merupakan bumerang bagi RSUD Sawerigading yang terlambat mengajukan klaim pasien ke pihak BPJS Kesehatan.

“Klaim pasien lambat diajukan oleh pihak RSUD Sawerigading, premi bulan Mei baru diajukan bulan September,” kata Pimpinan BPJS Kesehatan, Subkhan, Jumat (14/9).

Diakui Subkhan keterlambatan pembayaran ke RSUD Sawerigading, dikarenakan kondisi finansial BPJS kurang baik. Juga pengajuan berkas klaim pasien yang lambat.

“Biasanya kami butuh waktu 15 hari verifikasi pengajuan premi berkas klaim pasien di setiap mitra BPJS. Dan butuh 10 hari untuk input data premi pasien, dan 5 hari untuk bidang keuangan premi pasien,” terangnya.

“Kami hanya bayar sampai bulan April 2018, di bulan Mei-Agustus ini belum kami bayar, tetapi pihak BPJS kesehatan komitmen keterlambatan pembayaran 1 hari tetap kami bayar dendanya,” turur dia lagi.

Alasan lainnya, akibat BPJS Kesehatan mengalami gangguan iuran. “Iuran yang kami terima lebih kecil dibandingkan dengan klaim yang dibayarkan,” akunya.

Kepada pemerintah, BPJS Kesehatan berharap ada bantuan dana untuk membantu beban BPJS ke pihak RSUD Sawerigading. (john)

Komentar