oleh

Selamat! Lutra Berhasil Raih Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018

RADARLUWURAYA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengeluarkan pengumuman Top 40 Inovasi Pelayanan Publik untuk tahun 2018, Senin (22/10/18). Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 merupakan inovasi yang dikategorikan outstanding (terpuji) hasil seleksi dari Top 99.

Menteri PANRB, Syarifuddin mengatakan penilaian kompetisi dilakukan secara independen oleh Tim Evaluasi dan Tim Panel Independen yang merupakan para akademisi, praktisi, dan pakar pelayanan publik yang kompeten dan memiliki reputasi baik.

“Kita telah menetapkan 40 terbaik untuk Inovasi Pelayanan Publik 2018. Saya mengapresiasi instansi pemerintah yang lolos sampai tahap ini,” kata Syafruddin saat jumpa pers di Jakarta, siang tadi.

BACA JUGA: Ini Pengumuman Hasil Seleksi Berkas CPNS Kabupaten Luwu Utara

Dalam pengumuman tersebut, inovasi dari Kabupaten Luwu Utara menjadi salah satu yang terpilih dalam Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018 tersebut. Inovasi dimaksud yakni Ante Natal Care (ANC) Hipnoterapi.

Tidak hanya itu, ANC Hipnoterapi juga lolos seleksi dan diikutkan dalam kompetisi United Nation Public Service Awards (UNPSA) pada 2019 bersama tujuh inovasi lainnya.

Inovator ANC Hipnoterapi, Anjas Rusli mengatakan rasa syukur atas capaian dari inovasi Pemerintah Kabupaten Luwu Utara itu. Menurutnya, prestasi ini tak lepas dari dukungan seluruh pihak.

BACA JUGA: Bayi Penderita Hidrosefalus asal Luwu Utara Dirujuk ke Makassar

Rencananya, penganugerahan penghargaan kepada Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018 akan dilaksanakan pada Pembukaan International Public Service Forum pada 7 November 2018 mendatang dan rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, bapak Joko Widodo.

Selain Luwu Utara, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Pemerintah Kota Parepare juga mendapat prestasi serupa. Pemprov Sulsel dengan inovasinya SEJUTA IKAN (Sertifikasi Pengujian Mutu Hasil Perikanan) Agar Produk Perikanan Sulsel Tetap Mendunia, dan Pemkot Parepare dengan inovasinya berupa EKSISTENSI (Pelayanan Kesehatan Gratis Terintegrasi) CALL CENTRE 112.

APA ITU ANC HIPNOTERAPI?

Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang ANC Hipnoterapi yang merupakan inovasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara. Pada cara Monev ANC Hipnoterapi di Masamba beberapa waktu lalu, Bupati Luwu Utara sempat mempresentasekan bahwa ANC Hipnoterapi adalah sebuah terapi bagi ibu hamil guna mengurangi keluhan kehamilan serta membuat persalinan menjadi lebih tenang dan mengurangi rasa sakit.

BACA JUGA: Indah: ANC Hipnoterapi Dapat Mengurangi Resiko Kematian Ibu dan Anak

Bahkan, ANC Hipnoterapi ini telah menjadi sebuah gerakan masif yang resmi dari Pemerintah Kabupaten Luwu Utara guna menyelamatkan ibu dan bayi dari kasus kematian.

“Program ini sangat baik. Olehnya itu, semua pihak harus merasakan manfaatnya. Caranya adalah jadikan ini sebagai sebuah gerakan yang masif dalam menyelamatkan ibu, bayi dan masa depannya,” kata Indah.

Komentar