oleh

Siap Hadapi Badai Florence, AS Evakuasi Warga Dekat Pantai

RADARLUWURAYA.com – Amerika Serikat di wilayah Pantai Timur bersiap menghadapi salah satu badai terbesar yang akan datang, yakni Badai Florence.

Badai ini merupakan salah satu badai terburuk yang melanda kawasan itu dalam kurun waktu beberapa dasawarsa terakhir.

Badai buruk yang melanda kawasan itu terjadi pada tahun 1989 ketika Badai Hugo menyapu North Carolina yang menyebabkan kerugian hingga 7 miliar dolar AS dan merenggut 49 nyawa.

Gubernur Carolina Selatan memerintahkan evakuasi seluruh warga yang tinggal di garis pantai. Sementara itu pemerintah North Carolina dan Virginia telah menyatakan keadaan darurat.

Diperkirakan bahwa Badai Florence yang masuk kategori empat membawa angin dengan kecepatan 130 meter per jam. Badai diperkirakan akan menghantam Carolina pada hari Kamis (13/9).

Badan peraman cuaca menilai bahwa sistem cuaca bisa mencapai kategori lima karena kekuatan imbangnya dari perairan Atlantik hangat.

The National Hurricane Center (NHC) mengatakan Badai Florence memiliki bakat untuk peristiwa meteorologi yang sangat berbahaya.

Badai ini dapat membawa tingkat bencana hujan dan banjir ke daerah pesisir dan pedalaman. Demikian seperti dimuat BBC. (RMOL/tiara)

Komentar