oleh

Siap Tangani Pasien Corona, RSUD I Lagaligo Lutim Gelar Simulasi

WOTU, RADARLUWURAYA.COM- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) I lagaligo Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Menggelar simulasi penangan pasien terjangkit Virus Corona (Covid-19), di RSUD I lagaligo Wotu, Selasa 10/03/2020.

Pelaksanaan simulasi tersebut bekerjasama dengan Puskesmas Wotu Luwu Timur, guna melakukan tindakan penanganan jika ada warga Luwu Timur yang terinfeksi corona seperti yang telah di kabarkan bahwa Virus Corona telah mewabah ke beberapa negara termasuk Indonesia

Terkait hal tersebut, Pemerintah Indonesia, baik di tingkat pusat, provinsi maupun daerah akan melakukan upaya pencegahan dan penanganan di wilayah yang terdampak virus mematikan yang berasal dari China tersebut.

Meski di Kabupaten Luwu Timur sendiri, belum ada orang yang terkena virus Corona, namun RSUD I Lagaligo Wotu telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi jika suatu saat hal tersebut terjadi.

“Kita melakukan simulasi ini sebagai langkah antisipasi dalam penanganan Covid 19. Kita ingin memastikan sarana dan prasarana tersedia, SDM-nya mahir dan logistik juga tersedia” terang Direktur RSUD I Lagaligo, dr. Benny dalam Konfrensi Pres yang digelar di RSUD I Laga Ligo.

Dokter Benny menjelaskan bahwa yang paling penting dalam menangani pasien yakni petugas harus cakap atau terampil dalam mengambil tindakan.

Jika kemudian ada masyarakat, khususnya yang di ketahui ada riwayat perjalanan dari negara yang tertular Covid 19 dan menunjukkan indikasi dengan tiga gejala Corona yaitu deman, batuk dan ada gangguan pernafasan, maka pihaknya kata dr Wahyuni akan segera melakukan penanganan dengan cepat.

“Untuk itu PSC kita jadikan sebagai pusat informasi dalam melakukan penanganan sebagaimana yang kita simulasikan,” Katanya

Komentar