oleh

Tingkatkan Kapasitas, KPMD Kecamatan Sabbang Gelar Pelatihan

RADARLUWURAYA.com – Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara gelar Pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas, sehingga tugas pokok dan fungsinya di Desa Masing-masing Peserta mampu diwujudkan, di Hotel Mulia Indah Palopo, Senin (31/12).

Tak hanya itu, kegiatan ini dilakuka lantaran hingga saat ini dinilai masih terdapat banyak masalah di Desa yang mesti diselesaikan secara bersama-sama dengan prinsip Pembangunan yang terencana baik ungkap Umung Kallang.

Misalkan, masih tingginya angka kemiskinan, pengangguran, anak gizi buruk, dan lain-lain yang perlu dituntaskan sebagaimana Cita-Cita hadir nya Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa.
Pendamping Desa (PD) Kecamatan Sabbang, Umung Kallang yang juga sebagai pemateri menyampaikan kepada awak media bahwa, kehadiran KPMD merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses perwujudan kemandirian dan keberdayaan Desa.

“UU Desa dan peraturan turunan lainnya memberi ruang terbuka bagi Desa untuk mewujudkan kemandiriannya. Misalkan, BUM Desa yang bergerak dibidang perekonomian Desa. BUM Desa selain untuk menggerakkan perekonomian Desa dengan usaha yang dijalankan juga membuka lapangan kerja di Desa,” tutur Umung saat menjadi pemateri dalam KPMD ini.

Sekedar diketahui, peserta setiap Desa terdiri dari dua orang dan diikuti 15 Desa di Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara. (Herman)

Komentar