oleh

Tingkatkan Kewaspadaan, Sesar Matano Sangat Aktif

MALILI, RADARLUWURAYA.COM – Keberadaan sesar Matano di Kabupaten Luwu Timur yang memiliki kondisi sangat aktif menyebabkan wilayah ini sering dilanda gempa bumi. Meski skala guncangan masih kecil, warga diharapkan meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi fenomena alam ini.

Sesar Matano yang melintas dari Kec. Mangkutana hingga Sorowako, berbatasan dengan Kabupaten Morowali, dan hulunya berada di sesar Palu Koro Sulteng ini tercatat selama Juli hingga Agustus ini sudah 21 kali mengguncang Luwu Timur dengan kekuatan dibawah 5 SR.

Muh. Zabur, Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Luwu Timur mengungkapkan meningkatnya aktivitas gempa di Luwu Timur sebuah sinyal yang harus disikapi dengan serius. Terlebih guncangan gempa ini kerap terjadi saat warga tengah tertidur pulas di malam hari.

“Saya sarankan jika terjadi gempa besar, warga harus menyelamatkan diri ditempat yang terbuka. Ingat harus ditempat yang terbuka, entah itu dilapangan atau di sekitar rumah yang terbuka, tidak ada pohon atau tiang listrik,” himbau Zabur, Rabu (12/08/2020).

Untuk mempersiapkan kemungkinan terburuk, warga dianjurkan untuk mengamankan barang atau surat-surat yang penting dalam tas diletakkan ditempat yang mudah digapai sehingga saat gempa terjadi langsung bisa dibawa serta sediakan pula kebutuhan dasar untuk keperluan darurat dan tak lupa lampu senter.

”Ini bukan untuk membuat kepanikan, ini hanya saran untuk jaga-jaga saja jika kita menghadapi kemungkinan terburuk nantinya,” tutup Zabur.

Komentar