oleh

UKK Timpa’raga Inginkan Abbas Langaji Jadi Rektor IAIN

RADARLUWURAYA – Lembaga UKK Timpa’raga IAIN Palopo secara tegas menyatakan sikap mendukung DR. Abbas Langaji, M. Ag, menjadi Rektor IAIN Palopo.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Timpa’raga, Usman, setelah DR Abbas Langaji dinyatakan lolos penjaringan tahap pertama proses pencalonan Rektor IAIN Palopo baru-baru ini. Menurutnya DR. Abbas Langaji sangat pantas diberikan amanah menjabat Rektor IAIN Palopo.

”Bagi kami Pak Doktor memang sudah saatnya berada di posisi rektor saat ini, semua mahasiswa mengenal beliau adalah orang yang punya kapasitas di wilayah akademik, berintelektual, dan pola pendekatan emosional dengan mahasiswanya juga sangat baik,” ungkapnya, Senin, (3/11/2018).

Sementara itu, mantan Ketua Timpa’raga, Lukman Djafar menyampaikan apresiasi atas sikap ketua Timpa’raga yang secara terang-terangan menyatakan dukungan terhadap salah satu kandidat calon Rektor IAIN Palopo.

BACA JUGA : Enam Balon Rektor IAIN Palopo Lolos Penjaringan, Dua Gugur

Lukman mempertegas, sebagai mahasiswa, tidak hanya dituntut untuk mengembangkan nilai-nilai akademis saja, melainkan juga dituntut untuk selalu peka terhadap keadaan sekitar.

”Salah satunya adalah terkait isu Pemilihan Rektor IAIN ini,” katanya.

Ia menambahkan, mahasiswa merupakan bagian terbesar dari sebuah institusi kampus. Peran mahasiswa dalam mengawal pemilihan Rektor ini menjadi suatu hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan tugas yang diemban oleh Rektor yang terpilih nantinya akan berpengaruh besar terhadap arah kebijakan Kampus, termasuk dalam hal kemahasiswaan.

Rektor yang terpilih kedepan pada hakikatnya, kata Lukman, akan memiliki kewenangan yang besar dalam menentukan setiap kebijakan kampus dalam lima tahun. Oleh karena itu, mahasiswa tidak boleh tinggal diam dalam mengawal dan mengawasi pelaksanaan Pemilihan Rektor ini.

BACA JUGA : BREAKING NEWS: Rombongan Bus IAIN Palopo Kecelakaan di Bosso

”Memang kita tidak memiliki hak pilih dalam menentukan Rektor mendatang, namun momentum pemilihan Rektor ini hanya terjadi setiap lima tahun dan kita sebagai mahasiswa yang masih diberi kesempatan untuk mencicipi bangku kuliah di IAIN saat ini jangan sampai melewatkan momentum ini untuk tidak melakukan apa-apa dalam pengawalan dan pengawasan pemilihan Rektor,” tutur Lukman.

Sekedar diketahui, enam nama yang lolos seleksi tahap pertama, mereka adalah Abbas Langaji, Dirut Pasca Sarjana, DR Zuhri Abunawas LC yang merupakan Wadek 1 FUAD, Drs Hasbi MAg yang merupakan Warek 3, dan DR. Rustan SM.HUm yang merupakan Warek 1. JUga tercatat nama DR. Ahmad Syarif Iskandar, MM. yang merupakan Warek 2, dan satu lainnya adalah petahana, DR Abdul Pirol MAg. (john)

Komentar